Jumat, 08 Agustus 2014

peace to be you!

malam ini gue mau berbagi pengalaman yang mungkin bermanfaat buat kalian. terutama buat mahasiswa, yakni tentang mendapat beasiswa. mungkin bagi sebagian orang, hal ini ga terlalu penting. ada yang sekali nyoba langsung dapet, ada yang bahkan belasan kali mencoba tapi belom jodoh juga. gapapa, namanya juga hidup.
berikut gue buatkan tips ala gue *halah* buat menggaet para pemberi beasiswa.

pertama, lo harus kepo. kepolah pada tempat yang benar, jangan di timeline mantan atau gebetan, ga akan dapet, kecuali gebetan lo karyawan rektorat #krik. biasanya tiap kampus punya kanal khusus buat nampung informasi seputar beasiswa.

kedua, pilih beberapa beasiswa yang sesuai sama kriteria lo. ada beberapa beasiswa yang bisa di-apply sejak semester satu, ada yang buat semester tiga, lima, atau untuk penelitian. kebanyakan beasiswa memberikan syarat IP diatas 3, atau 2,75 lah. disini pentingnya menjaga kualitas akademik lo. kalo yang dari semester satu, biasanya pake nilai rapot atau nilai UN.

ketiga, siapkan berkas yang diminta oleh pemberi beasiswa. kayaknya sepele, tapi saran gue jangan di tunda, kerjain segera ketika tekad lo udah bulat. berkas ini jangan dikerjakan asal-asalan, perhatikan sampai tata cara urutan berkas. misal diminta CV, transkrip nilai, essay, kartu tanda mahasiswa, sertifikat penghargaan dan sebagainya, susunlah sesuai instruksi, jangan ada yang missed.

keempat, beberapa beasiswa menjalankan tahap tes akademik bagi calon penerima beasiswanya. nah, disini lo harus kuatin kemampuan dasar, tes potensi akademik (TPA) dan bahasa inggris. sekadar saran, lo harus coba liat-liat soal dan iseng ngerjain, supaya ga shock saat hari H. selain kemampuan dasar, biasanya ada juga psikotes. ini tentang kepribadian lo, yang penting kerjakan dengan jujur dan tenang. jujur dalam psikotes itu penting, lo harus konsisten dalam mengatasi soal-soal. soalnya kayak masalalu, kadang menjebak #eh

kelima, setelah tahap berkas dan tes akademik dijalani dengan baik, lo bakal menghadapi seleksi wawancara. nah, ini agak sulit bro, karena bener-bener personal lo yang dinilai. tapi dari pengalaman gue (udah dua kali gue menghadapi ini, oleh dua pemberi beasiswa berbeda dan cara gue ternyata cukup oke #gayabet) lo harus memberikan first impression yang baik. dandan seperlunya, ga perlu heboh, lu cuma mau wawancara, bukan mau kondangan. pakaian rapih, wangi, rambut sisir, sikat gigi yang bener, dan hal standar lainnya. pas masuk, ucapkan salam, kemudian jabat tangan si pewawancara dengan mantap, tatap matanya sambil memperkenalkan nama lo. kalo lu melakukan ini, dipastikan dia bakal respek sama cara lo. kemudian biarkan wawancara mengalir. poin penting yang harus lo pegang adalah siapkan mental untuk pertanyaan kejutan, jangan tampakkan kepanikan lo, ngejayus juga gapapa, buat suasana nyaman buat lo juga pewawancara. kadang, pewawancara butuh sesuatu yang entertain, tapi jangan bercanda terus, bahaya.

keenam, berdoalah, dan minta doa sama orang lain. harusnya ini juga dilakukan sejak awal. perbaiki kualitas ibadah lo, kalo jarang solat dhuha ya sekali-kali cobain lah. atau bangun di sepertiga malam. hal-hal kayak gini penting banget. karena dengan menjaga hubungan dengan Allah, lo bakal dapet sesuatu yang mahal banget, ketenangan hati.

gimana kalo berhasil? ya biasa aja, ga perlu menampakkan didepan banyak orang, menjaga lebih sulit daripada mendapatkan bro. sikap harus biasa, ungkapan syukur yang harus luar biasa. bagi-bagilah beasiswa lo ke orang penting dalam hidup (ibu, bapak, kakak, adik. jangan pacar atau gebetan, siapa mereka? orang asing bro, ga penting).

gimana kalo gagal? ya biasa juga, gue ga akan sok nasehatin, tapi penting diketahui bahwa Allah selalu punya skenario keren buat kita. mungkin kita harus berusaha lebih keras, mungkin kita bakal dapet rejeki yang ga diduga-duga sebelumnya, atau mungkin memang ada yang lebih berhak menerima beasiswa itu dibanding lo.

dapet beasiswa berarti lo dibantu, maka bantu juga yang udah memberi lo beasiswa. kalo dari pihak beasiswa lo ada kegiatan, bantu. atau minimal, tingkatkan terus pencapaian lo.

mungkin segitu dulu yang bisa di-share kali ini. kalo ada yang mau nanya-nanya, boleh banget. selamat mencoba! semoga dimudahkan.

dramaga, 8 agustus 2014
Mogi Bian Darmawan


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Tweet to me!

Tahukah kamu?

""

Followers

Featured Posts

Copyright © 2013 Mogi Bian Darmawan | Dark Simple Blogger Template Powered by Blogger | Created by Renadel Dapize | Ori. BRS-bt Djogzs | All Rights Reserved