Sabtu, 11 Januari 2014

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Bisa sampai di kamar mungil ini adalah anugerah yang sangat indah. Betapa selama ini gue ga sadar kalau tempat ini berharga sampai semua rangkaian kejadian hari ini.

Semalam gue nginep di Alhurriyyah bareng Yuanda dan Abil, kita belajar Klimatologi bareng. Kita belajar sampe jam dua kurang dini hari. Dan akhirnya tertidur dan bangun lagi pukul 4 pagi, ngelanjutin belajar sambil nunggu adzan berkumandang.

Sehabis sholat subuh, kita pulang ke kontrakan masing-masing. Dan gue berencana buat segera balik ke kampus untuk lanjutin review materi, lumayan ada beberapa jam sebelum ujian jam 9. Gue segera cari sarapan, makan, beres-beres, dan mandi. Jam 6 pagi gue sudah masuk gerbang kampus lagi.
Kadang-kadang gue mikir. Kontrakan gue ini dikampus kali ya, karena lebih dari 2/3 hari gue ada di kampus. Malah kadang ga balik ke kontrakan.

Jam 6 pagi di kampus, gue bingung mau belajar dimana, akhirnya gue memutuskan ke Lapangan Gymnasium. Ini hobi lama gue, baca buku disini sambil lihat langit warna jingga (bisa pagi atau sore). Dengan santai, gue memarkirkan motor gue di depan gedung Student Center, lalu cari tempat yang pas buat menikmati pagi ditemani buku Klimatologi.

Jam setengah delapan, gue sudah selesai mereview materi satu putaran, dan akhirnya gue memutuskan buat pindah tempat.

Ketika gue ke parkiran SC, jeng jeeeeeng… Helm gue hilang dan ban belakang motor gue kempes. Tapi jujur, gue ga ngerasa kesel atau marah. Justru gue mikir sebaliknya. “alhamdulillah, helm yang hilang, bukan motornya.” Dan “alhamdulillah ban belakang yang kempes, nggak dua-duanya.”

Gue nekat tetep ngendarain motor itu, karena tengsin juga kalo harus ngedorong motor dikampus sendirian dan pagi-pagi begini. Gue ke parkiran CCR (Common Class Room) karena ujian gue nanti disitu tapi ternyata parkirannya masih ditutup. Yak selamat Mogiiii!!!

Akhirnya di tempat satpam biasa jaga, gue ngeluarin buku Klimatologi lagi dan membaca tentang evapotranspirasi. Disini gue belajar sambil memperhatikan pohon dan vegetasi lain disekitar gue, lumayanlah, biar tambah lengket materinya.

Gue belajar disitu sampe jam 8, dan sepertinya belum ada tanda-tanda parkiran akan dibuka. Gue putuskan pindah parkiran ke depan HMIT. Disitu gue nanya ke satpam, dimana tempat tambal ban terdekat, doi bilang ada di Berlin. Oh iya bener juga, gue sering lihat.

Akhirnya gue masuk ke CCR, sampai depan lobbi, ditegur satpam, “Dek, kamu mau ngapain disini? Kuliah atau main? Sepatumu jangan asal gitu dipakenya. Tolong yang rapih kalau di CCR.” Wahahaha, malu sekaligus pengen ketawa, karena memang sepatu yang gue pake kegedean dan gue injek gitu belakangnya. Oke salah gue, dan gue segera ngebenerin cara pake sepatu yang super kebesaran itu (ukurannya 45 cuy), tapi gue beruntung, untung ga disuruh pulang dan ganti sepatu.

Kemudian saat melewati meja security, ternyata ada helm gue disitu. Hei! Ada apa ini?
Gue langsung ke satpam yang tadi dan nanya, “Pak, ini helm saya, baru aja hilang, kok bisa ada disini ya Pak?” Satpamnya jawab, “Itu urusannya sama komandan saya, kamu yang kebut-kebutan ya?” “Enggak, Pak, saya ga pernah kebut-kebutan, apalagi di area kampus.” ”yaudah, pokoknya itu urusannya sama komandan saya.” “Oh, yasudah Pak, saya ujian dulu, permisi Pak…”

Gue berfikir bahwa ini adalah hari yang istimewa. Gue ga mau ambil pusing dengan semua kejadian mulai dari helm, ban kempes, dan sepatu injek ini membuat hari gue rusak. Gue tetep berpikir positif sambil sering-sering istighfar.

Mungkin bagian ujian ga usah diceritakan, singkat cerita, tidak mudah :’)
Setelah ujian selesai, gue kembali menemui satpam dan berusaha membuat semuanya clear. Sebelum ketemu satpam, gue ngewanti-wanti diri gue buat nggak sok tau atau ngerasa bener. Bismillah, gue jalan menemui satpamnya.

Ternyata gue masih harus nunggu komandannya. Beberapa menit berlalu, akhirnya beliau datang. Wajahnya sangar broh *nelen ludah*

Gue coba menjelaskan kejadiannya, jadi intinya, gue datang kepagian, belum ada parkiran buka, jadi gue naro motor di depan SC. Begitu singkatnya. Dan dengan nada tinggi, bapak itu bilang, “Kamu ga bisa seenaknya gitu dong. Kalau motor kamu hilang, siapa yang tenggung jawab? Kan saya juga yang kena. Kamu tau? 3 motor sudah yang hilang karena parkir sembarangan di lingkungan kampus. Itu di meja saya masih ada satu helm lagi punya orang yang suka kebut-kebutan pake Ninja. Saya ga peduli dia anak jendral atau apalah, tapi tolong kalian ngerti kalau kampus ini punya aturan, ga bisa seenaknya.”

Gue ga coba nyela atau membela diri. Gue akui kesalahan gue. Dan alhamdulillah, dengan sikap gue yang tetap dingin dan menghargai saat bapaknya bicara, beliau mengambil helmnya dan nada bicaranya mereda. Gue minta maaf dan menjabat tangan bapak itu dan mengucap salam.

Menuju parkiran HMIT, gue jalan sendiri lagi-lagi sambil senyam-senyum. 11 Januari ini memang harusnya istimewa, karena pada tanggal ini, 22 tahun yang lalu, orang tua gue nikah. Tapi cerita belum berhenti sampai disini. Gue harus bawa motor ini ke tukang tambal ban terdekat. Gue mengendarai motor dengan tertatih dengan sensasi naik kuda karena memang jalannya begitu.

Tanpa diduga, bantuan pertama datang, Gerry melihat gue dan akhirnya nemenin gue jalan pelan-pelan sampe berlin, padahal doi pake motor juga. Sayang, beribu sayang, perjalanan yang harusnya dekat namun terasa sangat jauh itu tidak membuahkan hasil. Tambal ban tutup.

Pas gue maksain untuk make motor itu ke tambal ban di Cikarawang, dia udah ngambek duluan pas sampe depan Faperta, ban dalamnya keluar dan membelit tromol belakang, walhasil gue robek sekalian itu ban. Kemudian bantuan kedua datang, Awan membantu gue memasukkan ban luar yang keluar dari velg(?) *nah, bingung kan lu?*dan akhirnya motor bisa jalan lagi meski ga bisa dinaikkin, harus didorong.

Sampai depan FMIPA, tadaaaa! Bantuan ketiga datang, Adit bersedia membantu gue ngedorong sampe Cikarawang. Kita jalan bertiga, gue dan Adit ngedorong motor, Gerry ngecek tambal ban yang ada di Cikarawang, khawatir tutup juga. Ga lama kemudian, Gerry kembali dan bilang oke. Gerry di depan sebagai ‘Safety Bike’, sepanjang jalan gue ketawa-tawa dan ngobrol ga jelas sama Adit. Kalo dipikir-pikir, pasti awkward banget ngedorong motor sendirian ditengah kampus, bisa hancur image gue *bagian ini dapat abaikan*

Alhamdulillah, akhirnya sampe di tukang tambal ban terdekat. Total reparasi ban 42ribu karena ban depan ternyata juga bocor (?) pas di bengkel, ketemu Garda dan Angga. Kita ngobrol macam-macam disitu, mulai dari tanaman, ujian barusan, hingga akhirnya ngomongin farhat abbas yang berujung di kampanye parpol.
Disela-sela perbincangan, gue sms bokap buat telfon balik. Ga lama kemudian di telfon dan gue ngucapin selamat hari jadi yang ke-22 sama mamah. Gue juga bilang kayaknya ga jadi pulang karena terlalu lelah hari ini dan khawatir sama kondisi motor, ditambah hari senin jam 8 ada ujian. Alhamdulillah bokap gue ngerti, meskipun gue harus melewatakan acara makan-makan barengnya…. *gigit sendok*. Pas gue cerita kejadian hari ini, bokap gue seperti biasa, selalu santai bahkan ngetawain, emang deh bokap udah kayak sobat sendiri, hehe *bersyukur*

Setelah motor selesai di reparasi, gue kembali ke kontrakan ini. Ke kamar mungil tempat gue merancang mimpi masa depan selama di kampus ini. Juga gue kembali menarik pelajaran besar hari ini.
1.       Jangan parkir motor sembarangan
2.       Berpikiran positif, jangan duluin emosi
3.       Mungkin kita punya masalah, tapi boleh jadi, orang lain punya masalah yang lebih rumit, terimakasih telah memberi pelajaran berharga pada saya yang sembrono ini, Pak Satpam :’)
4.       Berbuat baiklah kepada siapapun, karena mungkin suatu saat orang yang kita perlakukan dengan baik akan melakukan hal yang sama. Membantu disaat yang tidak kita duga!
5.       Hargai kampus sebagai institusi terhormat, jangan pake sepatu yang abal lagi ya, Gi…
6.       Kita berencana, tetap Allah yang menentukan. Mungkin gue harus lebih fokus ke ujian hari senin nanti :D

Yap, sekian sharing kisah gue hari ini. Semoga kalian yang mampir untuk membaca tulisan ini bisa mendapat manfaat. Dan gue bisa jadi pribadi yang lebih skeptis. (aamiin!)



Special thanks for Adit, Gery, Garda, Awan, Angga, Kistia dan Wisnu. I’m lucky having you all guys :’D

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Tweet to me!

Tahukah kamu?

""

Followers

Featured Posts

Copyright © 2013 Mogi Bian Darmawan | Dark Simple Blogger Template Powered by Blogger | Created by Renadel Dapize | Ori. BRS-bt Djogzs | All Rights Reserved