Selasa, 28 Januari 2014

“Gile cuy, ga kerasa udah kelas 3 aja kita, bentar lagi Ujian Nasional, lulus, terus bisa cari duit, ngelamar doi deh”
“Woy! Ngelantur aja kerjaan lu, mana sini LKS gue, udah sampe nomer berapa lu nyalin?”
“Wa’elah Ji, sewot amat lu, ganggu mimpi di siang bolong gue aja”
“Bzzzt, terserahlah, by the way, lu ga berencana kuliah sob?”
“Kuliah? Pingin sih, tapi ga tau lah”
Perkenalkan dua orang sahabat ini, namanya Oji dan Farhan. Mereka satu kelas sejak kelas 2 SMA, saat ini mereka sedang menjalani kehidupan sebagai anak SMA kelas 3. Oji bisa dibilang anak baik, kalo pas istirahat si Farhan belok kanan ke kantin, Oji belok kiri ke masjid, sholat dhuha. Kondisi ekonomi keluarga Oji juga lebih mending dibanding Farhan. Oji masih bisa ikut les, sedang Farhan tidak seberuntung itu. Walau begitu, si Farhan ini agak bandel, dia kecanduan game online yang lagi ngetren waktu itu.

Suatu ketika di pertengahan semester pertama,
“Han, ikut les bareng gue yuk, masalah biaya gampang lah, gimane?”
“Ah ogah, ga mau gue ngerepotin lu Ji. Nanti aja kalo nyokap gue udah ada duit lebih.”
“Ayolah ikut aja, ga enak gue les sendirian, ga ada temen satu sekolah. Soal bayar nanti aja deh, yang penting lu daftar dulu aja ya? Besok gue daftarin. Pokoknya ga pake kata nggak!”
Sejak itu mereka les bareng, Farhan perlahan mulai ikut-ikutan membangun mimpi tentang kuliah. Dia akhirnya menargetkan untuk berkuliah di jurusan Sastra Inggris, dan di universitas terbaik negeri ini. Oji? Jelas dia sudah sejak lama menargetkan untuk kuliah di Fakultas Teknik Industri, di institut teknologi terbaik negeri ini.

Dalam hal akademis, Oji lebih bisa diandalkan dibanding Farhan. Tapi Oji tidak pernah keberatan untuk mengajari Farhan, meski pada akhirnya Farhan akan komentar, “Ah, gini doang mah gue bisa.”
Waktu melesat cepat bagi mereka yang terus mempersiapkan diri. Mereka berdua tumbuh dengan mimpinya masing-masing, tapi tetap dengan kebiasaannya. Oji tetap dengan ibadahnya, dan Farhan juga tak kurang game onlinenya. Semua mereka persiapkan, Try Out, Ujian Nasional, beragam seleksi masuk perguruan tinggi mereka lalui. Semakin sering mereka menyelesaikan soal-soal, semakin yakin mereka akan mimpi-mimpinya.
-----
Hari yang dinanti pun tiba, pengumuman seleksi nasional masuk perguruan tinggi disebar lewat koran dan internet. Oji harus bersabar karena ia gagal pada tes pertama ini. Tentu dia sudah siap dengan segala konsekuensi, dia adalah orang yang selalu mengembalikan segalanya pada Allah. Tak berhenti disitu, dia mencoba seleksi mandiri yang diakan tiap kampus, dan kali ini dia kembali gagal. Dia tidak mengerti dimana letak salahnya. Akhirnya ia mengucap selamat tinggal pada mimpinya untuk menjadi mahasiswa di Fakultas Teknik Industri institut terbaik negeri itu. Dia mengikuti tes lagi dengan tujuan agar bisa kuliah di perguruan tinggi negeri, persiapan matang dia lakukan, namun lagi-lagi, dia gagal.
“Gue ga ngerti kenapa bisa begini Ji…” Keluh Farhan kepada Oji, suaranya bergetar, tangannya berkeringat dingin.
“Elu yang ngajak gue les, ngajak gue sering-sering sholat malam dan sholat dhuha, ngajak gue kenal sama Allah. Tapi kok Allah tega gini sama lu Ji?” Farhan menimpali lagi keluhannya.
“Hahahaha, santai aja Han, ini pasti yang terbaik buat gue. Jangan lu liat sekarang, lu liat nanti. Hmmm, 10 tahun lagi kita buktiin, siapa diri kita sebenernya! Berani ga lu?!”
“Nggak Ji, kalau boleh tuker nasib, gue rela tukeran sama lu, biar aja gue yang ga keterima, lu aja yang kuliah. Elu yang ngajarin gue selama ini, elu yang ngingetin gue kalo lagi males-malesnya. Sementara gue? Ya ampun, PR aja gue nyontek lu mulu Jiii!”
“Kita lihat nanti Han, udah ya gue mau balik dulu. Sekali lagi selamat atas Sastra Inggris UI dan Teknik Industri ITB nya. Sumpah lu keren banget!”
“Oh iya Ji, karena sakitnya nyokap gue makin parah, kemungkinan besar gue ngambil Sastra Inggris, gue takut jauh-jauh dari nyokap, kasihan dia sendirian dirumah… Doain gue ya, Ji..” Tanpa sadar, Farhan meneteskan air mata.
“Yang terbaik buatmu, sob!” Oji menenangkan, dan kemudian menimpali, “Kayak bocah lu, jangan nangis lah, kuliah yang bener! Pokoknya lu lihat 10 tahun lagi gue jadi apa. Tunggu aja! Gue ga akan kalah lagi dari lu Han! Pegang omongan gue!” Oji berkata yakin, matanya berbinar, tidak ada raut kesedihan diwajahnya.
“Sial, kadang gue sebel jadi orang melankolis, terlalu mudah hanyut oleh perasaan... Oke Ji, gue nanti 10 tahun lagi! Gue pegang omongan lu.” Farhan mengusap pipinya sendiri dengan lengan.
Dua tiga kata, percakapan itu berakhir.
-----
Sepuluh tahun bukan waktu singkat, tapi mereka berdua melaluinya dengan baik ditempat berbeda, hingga mereka bertemu melalui jejaring sosial dan merencanakan untuk bertemu kembali.

Restoran oriental menjadi tempat mereka bertemu, percakapan hangat dan hebat itu pun mulai.
“Jadi, sekarang lu dimana Han? Maksud gue, tinggal dimana dan kerja dimana?” Oji yang kala itu menggunakan setelan kemeja merah marun dan calana bahan hitam bertanya pada kawan lamanya.
“Gile lo Ji, basa basi dikit kek lu sama temen, udah tua masih aja kalo ngomong ga pake intro, langsung reff.” Farhan mengeluh sikap kawan lamanya yang tak berubah itu.
“Kayak baru kenal gue aja lu Han, hahaha”
“Yaaa Alhamdulillah sekarang gue udah bisa punya motor sendiri, dikit-dikit nyicil rumah, dan mungkin dua bulan lagi gue bakal nikah, dateng ye Ji! Ternyata jodoh tuh aneh ya, dicari jauh-jauh, ternyata orang yang dekat, hehehe. Kalo kerjaan, gue sempet ngajar di tempat les kita dulu, ngajar bahasa Inggris sampe akhirnya sekarang jadi kepala cabang.”
“Memang banyak kejutan dalam hidup, tinggal pinter-pinter kita naro prasangka baik aja” Oji menimpali
“Nah, kalau lu gimana Ji? Ga sabar gue denger cerita lu.”
“Oh iya, lihat ini dulu deh”
Oji menunjukkan sebuah foto, wanita berkerudung lembut sedang menggendong bayi yang sedang lucu-lucunya. Dibelakangnya ada mobil dan rumah bercat warna cream.
“Cantik kan, Han? Itu istri gue, dan yang digendong itu anak gue, baru enam bulan. Dibelakangnya itu rumah gue, tapi agak jauh, di Venezuela. Gue bertemu istri gue di kampus swasta pinggir jalan raya bogor itu. Gue nyoba gabung bisnis properti keluarganya istri gue. Dan Alhamdulillah, sukses besar.”
“Mukegileeee! Mujur bener nasib lu Han?!”
“Eits, asal lo tau, gue beberapa kali gagal sampe akhirnya bisa berhasil gini. Ga terhitung berapa kali gue dikejar-kejar debt collector. Tapi yang gue pahami, manusia itu punya jatah gagal, dan gue udah ngabisin jatah gagal gue. Gue anggap ujian masuk perguruan tinggi dulu juga jatah gagal gue. Hahaha”
“Kacau lu Ji, kacaaaau! Makin bangga aja gue jadi sobat lu!”
“Hahaha…  Jangan berlebihan gitu lah, hidup memang begini Han, kadang kita ngerasa hidup itu ga adil. Persis saat dulu gue iri ngeliat lu diterima di dua perguruan tinggi sekaligus, jujur gue iri banget, tapi waktu itu gue milih buat ga nunjukkin rasa iri gue didepan lu. “ Oji enteng berbicara dan Farhan terus mendengarkan dengan takzim.
“Kalau mau sedikit mikir, sebenernya hidup ini yang ga adil atau kita yang gak mampu melihat letak keadilan yang dikasih Allah? Atau mungkin kita yang terlalu cepat menilai keadaan, terlalu sibuk berdoa agar Allah mengabulkan keinginan-keinginan kita dan justru lalai, lupa menafakuri apa yang coba Allah sampaikan pada kita.” Oji menambahkan
“Subhanallah Ji, ternyata kita beruntung banget ya, inget ga guru agama kita pernah bilang apa?” Farhan berkata sambil mengaduk minuman didepannya.
“Lihat endingnya!” mereka menjawab serentak, kemudian tertawa dan hanyut dalam kisah masa SMA.
----

Percaya atau tidak, kisah ini nyata, memang  redaksinya diganti. Semoga cerita ini bermanfaat. Selamat berbagi, mari saling memberi inspirasi (:

"Wa lal-aakhiratu khairul laka minal uulaa"
Dan sesungguhnya akhir itu lebih baik bagimu dari permulaan. (Adh-Dhuhaa : 4)

4 comments

Tweet to me!

Tahukah kamu?

""

Followers

Featured Posts

Copyright © 2013 Mogi Bian Darmawan | Dark Simple Blogger Template Powered by Blogger | Created by Renadel Dapize | Ori. BRS-bt Djogzs | All Rights Reserved